Sejarah Hari Nakba yang Diperingati Palestina Setiap 15 Mei

Sejarah Hari Nakba yang Diperingati Palestina Setiap 15 Mei Portal Berita Militer Indonesia

Setiap tahun pada tanggal 15 Mei, warga Palestina di seluruh dunia memperingati Nakba, atau malapetaka. Istilah  yang mengacu pada pembersihan etnis Palestina pada tahun 1948.

Setelah mendapatkan dukungan dari pemerintah Inggris untuk pembentukan negara Yahudi di Palestina pada tanggal 14 Mei 1948, segera setelah Mandat Inggris berakhir, pasukan Zionis mendeklarasikan berdirinya Negara Israel. Ini  memicu perang Arab-Israel pertama. .

Bacaan Lainnya

Pasukan Israel mengusir setidaknya 750.000 warga Palestina dari rumah dan tanah mereka dan merebut 78 persen dari Palestina yang bersejarah. 22 persen sisanya dibagi menjadi apa yang sekarang menjadi Tepi Barat yang diduduki dan Jalur Gaza yang terkepung.

Pertempuran berlanjut sampai Januari 1949 dan diakhiri dengan perjanjian gencatan senjata antara Israel dan Mesir, Lebanon, Yordania dan Suriah.

Garis Gencatan Senjata 1949 juga dikenal sebagai Garis Hijau dan merupakan batas yang diakui secara umum antara Israel dan Tepi Barat. Garis Hijau juga disebut sebagai perbatasan (pra-) 1967, sebelum Israel menduduki seluruh Palestina selama perang Juni 1967.

Simak selengkapnya dalam tayangan berikut:

Informasi Sejarah Hari Nakba yang Diperingati Palestina Setiap 15 Mei Sebelumnya sudah tayang di https://www.jejaktapak.com/2022/05/15/sejarah-hari-nakba-yang-diperingati-palestina-setiap-15-mei/

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.