Pemerintah Indonesia berencana membentuk Coast Guard atau armada penjaga laut dan pantai untuk keamanan da kedaulatan laut NKRI.

Rencana tersebut diungkapkan oleh Menko Polhukam Mahfud MD dalam seminar “Pembangunan Keamanan Laut Untuk Mendukung Pencapaian Target RPJPN 2025-2045” di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Rabu (5/7/2023).

Mahfud menyampaikan bahwa hal itu merupakan arahan langsung dari Presiden Jokowi.

“Presiden juga memberi arahan agar kedepannya segera dibentuk lembaga Indonesia Coast Guard yang memiliki tiga fungsi utama yaitu melakukan penjagaan keamanan, melakukan penyelenggaraan keselamatan, dan penegakan hukum di wilayah perairan dan wilayah yurisdiksi Indonesia,” kata Mahfud dalam sambutannya

“Ancaman terhadap kita di Indonesia itu juga ada ancaman teritori, ada ancaman terhadap ideologi, ancaman terhadap demokrasi sosial politik,” kata dia.

Seperti yang diketahui, sebagian perairan Indonesia di wilayah Natuna, diklaim China melalui Nine Dash Line.

Kepala Bakamla, Aan Kurnia mengatakan bahwa nantinya coast guard tidak harus menjadi sebuah lembaga baru, namun bisa terbentuk dari hasil merger lembaga relevan yang sudah ada.

“Tujuan utamanya adalah untuk menjadikan Indonesia Coast Guard sebagai lembaga utama, apakah itu muncul sebagai lembaga yang sudah ada, baru dibentuk, atau sebagai hasil dari penggabungan lembaga,” katanya.

Bagikan:

Ahmad Darowi

militer.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *