Siapkan Kader Pimpinan Resimen Korps Taruna, AAL Gelar Uji Kompetensi Taruna Tingkat lll

  • Whatsapp

Surabaya – Guna menyiapkan kader pimpinan Resimen Korps Taruna kedepan, Akademi Angkatan Laut (AAL) melalui Departemen Kepemimpinan AAL melaksanakan Uji Kompetensi kepada Taruna AAL Tingkat lll yang dalam waktu dekat akan menggantikan Taruna Tingkat IV yang sebentar lagi lulus menjadi perwira.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dikatakan Kepala Departemen Kepemimpinan (Kadeppim) AAL, Kolonel Laut (KH) Anon Susilo Hadi, S.Psi., M.Tr.Opsla, saat membuka Uji Kompetensi bagi Taruna Tingkat lll Angkatan ke-67 yang berlangsung di Gedung Nusa Penida, Komplek Ki Hadjar Dewantara, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya, Senin (15/3).

Menurut Anon –sapaan akrab Kadeppim AAL ini- pelaksanaan Uji kompetensi kepada Taruna Tingkat lll ini merupakan perintah dari Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) yang secara umum bertujuan untuk mengukur level kemampuan soft skill/ soft competencies yang dimiliki oleh para Taruna AAL Tingkat lll saat ini.

Uji Kompetensi ini juga untuk mendorong dan memotivasi mereka agar lebih siap menampilkan perilaku-perilaku positif sebagai Taruna dewasa yang sebentar lagi akan naik tingkat menjadi Taruna Tingkat lV.

“Uji kompetensi secara parsial, hasilnya juga akan digunakan sebagai salah satu parameter dalam memilih dan menentukan calon pejabat-pejabat Resimen Korps Taruna AAL,” terang Anon.

Menurutnya, evaluasi dan hasil dari Uji Kompetensi, nantinya juga akan digunakan sebagai dasar dari kegiatan yang selanjutnya, yaitu kegiatan Pelatihan Pengembangan Kompetensi Taruna dan Konseling Kompetensi Taruna yang akan dilaksanakan oleh Departemen Kepemimpinan AAL.

Kegiatan wawancara dalam uji kompetensi ini lanjutnya, dilaksanakan menggunakan metode panel dengan melibatkan 6 Perwira Psikolog Asesor dari Dinas Psikologi TNI AL, yang dipimpin Letkol Laut (P) Supriyanto, M.Psi., Psikolog, yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Lembaga Assessment Center Dispsi TNI AL, dan didampingi oleh 6 orang asesor pendamping dari Perwira AAL yang telah mengikuti kegiatan Pelatihan Asesor.

Rangkaian kegiatan Uji Kompetensi Taruna tingkat lll ini, rencananya dilaksanakan dalam 3 hari, hari ini kepada Taruna Korps Marinir, pada Selasa 16 Maret dilaksanakan pada Taruna Korps Pelaut, serta Senin 22 Maret dilaksanakan pada Taruna Korps Teknik, Elektronika dan Suplai.

(Arif|bagpen AAL)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *