Siswa Dikmata TNI AL Angkatan XL/1 Kejuruan Marinir Kodikmar Kodiklatal

  • Whatsapp

 

 

Bacaan Lainnya

paradigmaindonesia – Sebanyak 300 prajurit Siswa Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) TNI Angkatan Laut Angkatan ke-40 Gelombang 1 yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Tamtama (Seta) Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdikif) Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Kodiklatal melaksanakan Latihan Praktek (Lattek) Lintas Medan (Limed) etape Jember-Probolinggo, Jumat, (29/1/2021).

Lattek Limed yang merupakan rangkaian Pendidikan Komando (Dikko) angkatan ke-165 ini dipimpin langsung Komandan Sekolah Tamtama (Danseta) Pusdikif Kodikmar Letkol Mar Ari Bowo Agus P.,M.Tr.Hanla sekaligus sebagai Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) lattek Dikko angkatan ke-165 Siswa Dikmata TNI AL Angkatan ke-40 Gelombang 1 Kejuruan Marinir.

Adapun lattek Limed Siswa Dikmata Kejuruan marinir ini merupakan pelaksanaan dari perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI Angkatan laut yang unggul dan profesional serta tangguh mengadapi segala ancaman.

Sebelum melepas Limed Danseta Pusdikif Kodikmar Letkol Mar Ari Bowo Agus P.,M.Tr.Hanla ini menyampaikan bahwa lattek Limed ini merupakan salah satu rangkaian dalam kegiatan pendidikan Komando Siswa Dikmata kejuruan marinir sebelum menyelesaikan pendidikan di Sekolah Tamtama Pusdikif Kodikmar. Menurutnya untuk menjadi prajurit Marinir yang tangguh para siswa harus mampu menyelesaikan lima tahapan dalam pendidikan Komando,
Kelima tahapan dalam Pendidikan Komando ini pertama Tahap Laut. Dengan materi latihan renang sejauh satu kilometer. Kedua, Tahap Dasar Komando yakni latihan naik turun tali mountain ring dimana para siswa harus naik turun tebing menggunakan tali.

Tahap ketiga adalah Tahap Hutan yakni latihan melaksanakan perang di hutan dalam kondisi apapun serta melaksanakan sea survival. Keempat adalah Tahap Gerilya Lawan Gerilya (GLG), yang kelima adalah Tahap Lintas Medan. Dengan Jalan kaki dari Banyuwangi sampai Kesatrian Seta Pusdikif yang berlokasi di Grati Kabupaten pasuruan.

Menurutnya saat ini para siswa peserta Dikko sudah memasuki tahap kelima yaitu tahapan Limed untuk menuju ke Kesatrian Seta Pusdikif. Mengingat saat ini tahap terakhir dirinya berharap agar peserta Dikko baik pelaksana latihan, staf latihan maupun siswa tetap Semangat dan memperhatikan keselamatan personil dan material.(pen/yatno)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *