Taruna AAL Ikuti Temu Wicara, Pertemukan Tiga Unsur Pemuda Calon Pemimpin Bangsa

  • Whatsapp

Surabaya – 25 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) mengikuti Kegiatan Temu Wicara Taruna Akademi TNI, Akademi Kepolisian dan Mahasiswa Tahun 2020 yang digelar secara daring, dari Gedung Mas Pardi, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (14/12).

Kegiatan Temu Wicara yang mengangkat tema “Optimalisasi smart power diplomacy generasi muda guna meningkatkan diplomasi luar negeri indonesia, dalam rangka mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia” ini, dibuka Komandan Jenderal Akademi TNI, Marsekal Madya TNI Tamsil Malik, S.E. dari Bhineka Eka Bahakti, Mako Akademi TNI, Cilangkap, Jakarta.

Bacaan Lainnya

Temu Wicara yang digelar secara virtual ini, diikuti empat kelompok besar yaitu Kelompok 1 terdiri dari Akmil dan UPN berada di Akmil Magelang, Kelompok 2 terdiri dari AAL, UHT dab ITS di Mako AAL, Surabaya, kemudian Kelompok 3: AAU dan Unesa berada di Yogyakarta dan Kelompok 4 teradiri dari Akpol dan UBARA berada di Semarang.

Menurut Danjen Akademi TNI, kegiatan ini mempertemukan ketiga unsur pemuda calon pemimpin bangsa pada satu forum ilmiah, sebagai upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan memupuk jiwa serta semangat integrasi di antara generasi muda, khususnya Taruna Akademi Angkatan, Taruna Akademi Kepolisian dan mahasiswa, sebagai calon pemimpin bangsa.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk memberikan pembekalan akademis dan melatih berpikir kritis guna menambah wawasan keilmuan dan membangkitkan rasa nasionalisme generasi muda, yang dikemas dalam bentuk seminar, diskusi interaktif dan penulisan essay,” terang Danjen Akademi TNI ini.

Sementa ra itu Gubernur AAL, Laksmana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E.,M.Tr (Han) mengatakan bahwa Kegiatan ini juga merupakan suatu wahana pembelajaran berorganisasi bagi para peserta temu muka untuk membahas masalah-masalah kehidupan korps taruna maupun masalah sosial yang sedang hangat dibicarakan serta melatih jiwa kepemimpinan dalam menyampaikan gagasan dan saran-saran kepada lembaga melalui tulisan ilmiah.

Melalui acara yang digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini, lanjut Gubernur AAL, diharapkan akan terciptanya suatu nuansa akademis dan kreatif yang harmonis dilandasi semangat integrasi dan kekeluargaan dari para taruna Akademi TNI, Akpol dan Mahasiswa.

Pada hari pertama Temu Wicara hari ini menampilkan dua narasumber yaitu Wakil Gubernur AAL, Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E, dengan materi “Peran generasi muda dan TNI AL dalam mendukung smart power diplomasi Guna mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia”.

Sementara itu Rektor Universitas Hang Tuah, Prof. Dr. Ir. Supartono, M.M. menyajikan materi ”Optimalisasi generasi muda guna meningkatkan smart power diplomasi luar negeri dalam rangka mewujudkan indonesia sebagai poros maritim dunia”. (Kabagpen AAL|Rohman|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *