Taruna AAL Satlat KJK 2020 Tiba di Etape 10 Kupang

  • Whatsapp

Kupang – Setelah berlayar selama sembilan hari sejauh 1.087 NM dari Tual, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Satuan Latih Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2020 yang berkayar dengan KRI Bima Suci tiba di etape ke-10, Kupang, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (26/12).

Menurut Palaklat KJK 2020, Letkol Aris Dianto, M.Han menjelaskan bahwa Kupang merupakan tujuan ke-10 atau tujuan terakhir yang menjadi agenda pelayaran KJK 2020 sebelum kembali ke Surabaya.

Bacaan Lainnya

Kedatangan Satlat KJK 2020 yang sandar di Dermaga Mako Lantamal VII Kupang ini,
disambut Komandan Lantamal VII Kupang Laksma TNI I G. Kompiang Aribawa dan Forkopimda Kupang beserta Pejabat Utama Lantamal VII Kupang lainnya.

Penghormatan kepada KRI Bima Suci yang diiringi dengan Peran Parade Roll dan GS Alur oleh Para Taruna diatas geladak dan sebagian menyebar di tiang-tiang tinggi KRI Bima Suci mengawali prosesi penyambutan kehadiran KRI Bima Suci di Bumi Flobamorata ini.

Setelah sandar dilanjutkan dengan laporan Dansatgas OBS Letkol Laut (P) Waluyo, S.H., M.Tr.Hanla kepada Danlantamal VII Kupang, Tarian Penyambutan “Ledi Tuak” dari Taman Budaya Latasga Helong, pengalungan kain tenun khas NTT kepada Dansatgas OBS, Palaklat KJK 2020, dan kepada perwakilan Taruna Satlat KJK 2020.

Danlantamal VII Kupang menyampaikan kepada tamu undangan “KRI Bima Suci yang membawa Satlat KJK 2020 merupakan salah satu praktek pelayaran untuk Taruna TK III dengan materi ajaran dalam kurikulum pendidikan AAL.

Kegiatan ini lanjutnya, dilaksanakan untuk memberikan bekal pengetahuan dan kecakapan dasar Operasi Laut agar para Taruna mampu mempraktekkan peran-peran di KRI, menerapkan tugas Asisten Perwira Jaga Darat dan Laut serta mampu menjelaskan peran, fungsi dan tanggung jawab Departemen sesuai Korps.

Pelaksanaan pelayaran KJK kali ini dilakukan di dalam negeri, karena adanya Pandemi COVID-19, sehingga pelaksanaannya pun dengan berbagai pembatasan dan disiplin protokol kesehatan yang ketat.

Walaupun demikian terangnya, sasaran yang akan dicapai pada tahap latihan ini harus menjadi prioritas utama diantaranya untuk membentuk mental kejuangan dan karakter Prajurit Matra Laut yang nantinya akan menjadi bekal dalam menghadapi tantangan dan dinamika perkembangan dalam medan tugas saat menjadi seorang Perwira TNI AL kedepan.

Selain itu juga tujuan Pelayaran KJK 2020 adalah untuk melaksanakan promosi kepada daerah yang dikunjunginya agar para pemuda-pemudi tertarik dan mendaftarkan dirinya menjadi prajurit TNI AL khususnya menjadi Taruna AAL seperti yang telah dilakukan oleh salah satu Taruna Perwakilan dari daerah Kupang yakni Sermadatar (P) Elang Tri Esthi F. yang menjadi Taruna AAL TK III Angkatan Ke-67. (Kabagpen AAL|Arif|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *