Taruna AAL Satlat KJK Praktekkan Komunikasi Isyarat Flashex dan Flaghoist

  • Whatsapp

Selat Malaka – Ditengah pelayarannya dari Sabang menuju Belawan, Satuan Latihan Kartika Jala Krida (Satlat KJK) 2020 yang menggunakan KRI Bima Suci, tepatnya saat melintas di Selat Malaka, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Korps Pelaut melaksanakan latihan praktek komunikasi isyarat dengan menggunakan Flashex dan Flaghoist, Kamis (22/10).

Latihan tersebut di bawah bimbingan Perwira Operasi Latihan (Pasopslat) KJK 2020 Mayor Laut (P) Henky Irawan Yudhistira, S.E. dan Perwira Pendamping Korps Pelaut Kapten Laut (P) Eben H.M. Siagian, S.H. serta para Perwira Korps Pelaut KRI dan Satlat KJK lainnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Pasopslat KJK 2020, Flashex adalah latihan komunikasi antar KRI dengan menggunakan isyarat sinar lampu. Sedangkan Flaghoist adalah latihan komunikasi isyarat dengan kibaran bendera dan semaphore.

“Komunikasi isyarat ini, sangat bergunakan utuk mengirim berita ke kapal lain saat peran tertentu atau disaat radio komunikasi di kapal tidak berfungsi,” terang Pasopslat.

Pasopslat menambahkan tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan para Taruna Korps Pelaut serta memberikan pengetahuan komunikasi isyarat secara langsung, karena kemampuan ini wajib dimiliki oleh para Taruna Korps Pelaut dalam melaksanakan komunikasi tanpa menggunakan Radio.

“Komunikasi isyarat ini juga bersifat rahasia disaat melaksanakan latihan, operasi atau di medan pertempuran supaya tidak terdeteksi oleh musuh tanpa menggunakan komunikasi HT/ Radio yang bisa di jamming oleh musuh,” pungkasnya.

Sementara itu Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat) KJK 2020, Letkol Laut (P) Aris Dianto menegaskan bahwa selama pelayaran ini, Taruna AAL Tingkat lll Angkatan ke-67 terus melakukan latihan sesuai program yang sudah ditetapkan, sehingga para Taruna mampu mengaplikasikan ilmu yang diterima untuk menjadi pelaut-pelaut yang tangguh.

Latihan KJK bagi Taruna AAL ini lanjutnya, juga sesuai dengan Perintah Harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI AL yang unggul dan profesional serta tangguh menghadapi segala ancaman.

(Kabagpen AAL|red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *