Taruna AAL Tingkat Akhir Korps Pelaut Dalami Ilmu Navigasi Blind Pilotage

  • Whatsapp

Surabaya – Sebanyak 42 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat IV angkatan ke-66 Korps Pelaut akan mendalami ilmu tentang navigasi pelayaran dalam sebuah latihan praktek (Lattek) Navigasi 4 yang dibuka Kepala Departemen Pelaut (Kadeppel) AAL Kolonel Laut (P) Maman Nurachman di gedung Bawean, Deppel AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (18/1/2021).

Bacaan Lainnya

“Lattek akan dilaksanakan selama sepuluh hari yang meliputi tiga hari pendalaman teori di gedung Andromeda Deppel AAL, dilanjutkan praktek simulasi di Brigde Simulator dan praktek di laut menggunakan KAL Kadet Vlll-7,” kata Kadeppel saat upacara pembukaan Lattek.

Tujuan Lattek ini lanjut Kadeppel, adalah agar Taruna memiliki keterampilan tentang penggunaan peralatan navigasi, membuat perencanaan pemanduan dan melaksanakan pemanduan buta (blind pilotage) saat kapal berlayar keluar/masuk alur pada malam hari dengan benar dan aman sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kedinasan sebagai Perwira Divisi Navigasi di kapal perang.

“Manfaatkan waktu selama mengikuti Lattek dengan sebaik-baiknya, gunakan setiap kesempatan yang ada untuk meningkatkan ilmu pengetahuan dan wawasan dengan mengembangkan segala kemampuan dan potensi diri,” pesan Kadeppel kepada para Taruna.

Kadeppel juga menegaskan kepada seluruh peserta dan staf latihan agar selalu memperhatikan faktor keamanan sesuai dengan standart operating procedure untuk menghindari kerugian personel dan materiil serta tetap mempertahankan kondisi kesehatan selama Lattek dengan displin menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Sementara itu Palaklat Lattek Navigasi 4 Mayor Laut (P) Bagus Waluyo mengatakan latihan navigasi 4 dilaksanakan mulai tanggal 18 hingga 29 Januari 2021 diikuti 42 Taruna-Taruni AAL tingkat IV Korps Pelaut dengan 42 pelatih dan pendukung latihan.

(Arif|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *