Taruna AAL Tingkat lll Korps Teknik Praktekkan Mata Kuliah Harkan di Fasharkan Surabaya

  • Whatsapp

Surabaya – Sebanyak 14 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan ke-67 Korps Teknik melaksanakan Latihan dan Praktek (Lattek) mata kuliah Pemeliharaan dan Perbaikan (Harkan) di Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Lantamal V, Ujung, Surabaya, Selasa (27/4).

Lattek Harkan Taruna AAL Korps Teknik ini, dibuka Kepala Departemen Teknik AAL, Kolonel Laut (T) Muhamad Suprapto, S.T., M.Tr.Opsla dihadiri Kepala Fasharkan Lantamal V Surabaya, Kolonel Laut (T) Dedi Noferi, S.E. para Kepala Bengkel (Kabeng) dan perwira staf Deptek AAL lainnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Kadeptek AAL, Lattek Mata Kuliah Harkan ini merupakan suatu kegiatan praktek lapangan yang secara periodik dilaksanakan sesuai dengan jadwal kalender akademik dan kurikulum pendidikan AAL.

Lattek ini lanjut Kadeptek, bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan ketrampilan melalui latihan praktek yang bersifat profesi, untuk mendapatkan pengetahuan dan kecakapan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai perwira Korps Teknik TNI AL.

“Dengan alokasi waktu yang disediakan, saya berharap latihan praktek yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan sebaik-baiknya, gunakan waktu secara efektif dan se-efisien mungkin demi tercapainya peningkatan kualitas dan keterampilan profesi taruna Korps Teknik. Perhatikan faktor keamanan sesuai dengan standar operasional dan prosedur dengan benar untuk menghindari kerugian personel dan materiil,” pintanya.

Kepada seluruh staf latihan dan para taruna peserta latihan, saya mengharapkan agar latihan praktek ini dilaksanakan dengan penuh kesungguhan dan penuh semangat. Jadikan latihan ini sebagai bekal ilmu dan pengalaman yang bermanfaat bagi penugasan kalian nantinya.

Sementara itu Kafasharkan Surabaya mengucapkan selamat datang dan selamat berlatih kepda para Taruna Korps Teknik di Fasharkan Surabaya. Dalam Lattek nanti, para taruna akan dipaparkan mengenai prosedur dan mekanisme dalam pelaksanaan perbaikan kapal, perencanaan dan penentuan kebutuhan anggaran dan jasa pemeliharaan serta perbaikan kapal dan mengenal lebih jauh kemampuan Bengmes, Benglis dan Bengbakap Fasharkan Surabaya.

Kafasharkan berharap, setelah mengikuti latihan ini diharapkan Taruna AAL mengetahui sistem permesinan, fungsi dan prinsip-prinsip kerjanya. Menguasai prosedur teknis membongkar dan memasang bagian sistem permesinan di kapal, dan berbagai sasaran lainnya.

Adapun materi yang disampaikan antara lain perbaikan kapal di atas air (Docking), Overhaul berbagai permesinan, test vibrasi, test balancing, test keretakan, dan test ultrasonik, serta pengelasan.

(Arif|bagpen AAL)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *