Tim Padus AAL, Juarai Pesparawi TNI AL Wilayah Timur

  • Whatsapp

Surabaya – Tim Paduan Suara (Padus) Akademi Angkatan Laut berhasil menjuarai Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat Kotama TNI AL Wilayah Timur yang digelar secara virtual melalui sambungan zoom meeting, di gedung Mas Pardi, Akademi Angkatan Laut, Bumimoro, Surabaya, Kamis (28/1).

Bacaan Lainnya

Lomba paduan suara virtual ini diikuti enam peserta dari Kotama TNI AL wilayah timur yaitu Kodiklatal, Koarmada II, AAL, Puspenerbal, Marinir Wilayah Timur (Marwiltim) dan Lantamal VII/Kupang.

Ajang Pesparawi kali ini dilaksanakan tidak seperti tahun-tahun yang lalu, dikarenakan situasi pandemi Covid-19, lomba Pesparawi digelar secara virtual dengan menggunakan aplikasi zoom meeting disatuan masing masing.

Komandan Kodiklatal selaku Perwira Tertua TNI AL (Pateral) wilayah Surabaya dalam amanat tertulisnya yang dibacakan Wakil Gubernur (Wagub) AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E. mengatakan, Pesparawi merupakan wahana yang tepat untuk membina mental rohani dan karakter umat Kristiani, khususnya warga TNI AL beserta keluarga sekaligus untuk mempererat tali persaudaraan dan keakraban warga gereja serta seluruh umat Kristiani.

Kegiatan Pesparawi, lanjutnya, tidaklah sekedar untuk memilih dan menentukan pemenang semata, namun memiliki tujuan yang lebih penting, yaitu meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan memuliakan dan memuji nama Tuhan sambil berupaya untuk meraih prestasi terbaik dalam bidang paduan suara.

Wagub AAL mewakili Pateral TNI AL Wilayah Surabaya, membuka secara resmi Lomba Pesparawi Virtual TNI AL Wilayah Timur Tahun 2020 yang mengangkat tema “Jiwaku Memuliakan Tuhan dan Hatiku Bergembira Karena Allah Juru Selamatku”.

Tiap-tiap peserta mengirimkan hasil video ke panitia dan ditampilkan di layar videotron untuk dinilai oleh Dewan Juri. Lagu yang dilombakan meliputi lagu wajib yakni Mari Kita Merayakan dan lagu pilihan.

Dewan Juri diketuai Nelvalerine Tiurma, S.Pd, (pendidik di SMAN 1 Manyar, Gresik), Juri II Steven Makahanap dari GMIST (Gereja Masehi Injil Sangir Talaud Surabaya) dan Juri III Aditya Otniel Papa, seorang mahasiswa tingkat akhir Universitas Airlangga Surabaya.

Kepada para peserta lomba, Dewan Juri menyampaikan ada empat kriteria penilaian dalam lomba yang harus diperhatikan para peserta, yakni Intonasi (Intonation), Kualitas Suara (Sound Quality), Kepatuhan kepada partitur (Fidelity to the Score) & Kesan keindahan secara menyeluruh (Overal all artistic impression).

Setelah menyaksikan dan menyimak penampilan setiap peserta lomba yang membawakan lagu wajib dan lagu pilihan secara virtual, dan diakhiri dengan sidang Dewan Juri, maka ketiga Dewan Juri membacakan hasil perlombaan.

Untuk Juara I Lomba Pesparawi tahun 2020 diraih oleh Akademi Angkatan Laut (AAL) dengan Total Nilai 1.187, sedangkan Juara II diraih Puspenerbal dengan Total Nilai 1.107 dan Juara III diraih Marwiltim dengan Total Nilai 1.080. Masing-masing pemenang memperoleh Piala dan uang pembinaan. Selain itu Dewan Juri juga menetapkan The Best Conductor kepada Tim Pesparawi Marwiltim.

Piala Juara I diserahkan oleh Dirpers AAL Kolonel Laut (KH/W) Tresna Kusumawati, S.Pd., M.A.P. dalam hal ini mewakili Gubernur AAL Laksda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr(Han) kepada Tim Pesparawi AAL. Selain itu AAL sebagai Juara I juga berhak mendapatkan Piala Bergilir Lomba Pesparawi TNI AL. Nantinya Piala Bergilir ini dapat dimiliki dan menetap di AAL jika Tim Pesparawi AAL dapat menjuarai lomba tiga kali berturut-turut.

Hadir dalam kegiatan lomba tersebut pejabat Kotama TNI AL wilayah timur dan perwakilan dari tiap-tiap peserta lomba serta Taruna AAL.

(Arif|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *