Banjar Baru – Dengan tetap mengikuti protokol kesehatan 3M Covid-19 (memakai masker, menjaga jarak dan cuci tangan pakai sabun), gendarmerie di Lanud Sjamsudin Noor melakukan pendataan di Lanud Sjamsudin Noor Mako. Operasi Gactiblin atau Penyapuan ini dipimpin langsung oleh Mayor Pom Maryatno, Dansatpom Lanud Sjamsudin Noor. Senin, (14 Maret 2022).

Operasi Gaktilin dilaksanakan dalam rangka Bulan Disiplin tahun 2022 dalam rangka memperingati HUT TNI AU ke-76. Tujuan dari operasi Gaktilin ini adalah untuk memeriksa integritas pribadi personel, termasuk dokumen identitas yang terdiri dari Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Tanda Anggota (KTP), KTA, Passring, Surat Izin Mengemudi (SIM) (TNI/Umum), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), perlengkapan kendaraan bermotor, standar penggunaan helm, dan perlengkapan lainnya.

Tujuan dilaksanakannya Gaktiblin adalah untuk meningkatkan disiplin dan disiplin penegakan hukum di bidang hukum Lanud SAM untuk mencegah penyalahgunaan nomor registrasi kendaraan dinas TNI Angkatan Udara, mencegah pelanggaran integritas dan kualifikasi dokumen kendaraan bermotor, dan mengurangi lalu lintas yang dapat menimbulkan kerugian personel dan perbekalan TNI AU Jumlah kejadian, pencegahan penyalahgunaan senjata api, pencegahan penyalahgunaan narkoba, pencegahan perilaku tidak etis, pencegahan kejahatan perjudian dan pencurian dan pencegahan pertempuran antara anggota TNI dan TNI AU Angkatan, Angkatan Udara dan Polisi, dan Angkatan Udara dan Masyarakat. Penegakan disiplin lainnya juga dilakukan melalui peningkatan patroli kendaraan, kombinasi, razia dan pemeriksaan lalu lintas di pos-pos penegak hukum untuk mencegah penyimpangan dan tindakan kriminal yang melibatkan personel TNI AU.

Operasi semacam ini bersifat rutin dan terencana, namun waktu pelaksanaannya bersifat rahasia dan mendadak, diharapkan dampak yang terjadi secara tiba-tiba ini akan berdampak psikologis bagi personelnya, selalu menjaga kedisiplinan, patuh, patuh pada aturan, peraturan dan undang-undang yang berlaku.

Melalui kegiatan ini juga diharapkan setiap anggota SAM TNI AU mengetahui dan sadar untuk mampu menegakkan seluruh aturan, regulasi, dan undang-undang yang berlaku. Anggota yang ditemukan melakukan pelanggaran akan dikenakan sanksi berdasarkan jenis pelanggaran, didokumentasikan dan dilaporkan kepada atasannya, serta diberikan sanksi berupa teguran lisan atau tindakan disiplin. Selain itu, Satpom Lanud SAM akan terus melaporkan kepada atasan terlepas ada pelanggaran atau tidak, sebagai masukan bagi pimpinan dalam menentukan langkah kebijakan selanjutnya. *(Pen Lanud Sjamsudin Noor|red).

Bagikan
Bagikan:

Berita Militer

Portal Berita Militer Indonesia Menyajikan berita aktual dan informasi seputar militer dan pertahanan hari ini. khususnya pada teknologi perangkat militer dan Kegiatan TNI Polri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *