Tingkatkan Profesionalisme dan Efektifitas, Kodiklatal Laksanakan Penataan Gadik Kodiklatal Surabaya, 1 Februari 2021

  • Whatsapp

 

Bacaan Lainnya

Paradigmaindonesia

Dalam rangka meningkatkan profesionalisme dan efektifitas tenaga kependidikan dilingkungan Kelompok Tenaga Pendidik (Pokgadik), Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) melaksanakan penataan Tenaga Pendidik (Gadik) pengampu/pendukung Bidang Studi dan Sub Bidang Studi. Penataan Gadik yang dipimpin Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat tersebut dilaksanakan di Auditorium Gedung R Sudomo Pusat Latihan Operasi Laut (Puslatopsla) Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Senin, (1/2/2021).

Hadir dalam acara tersebut Wadan Kodiklatal Brigjen TNI (Mar) Lukman ST., M.Si (Han), Dankodikopsla Laksma TNI Eko Wahjono, para Direktur Kodiklatal, Inspektur Kodiklatal Kolonel Laut (S) Bambang Supriyanto, Pjs. Kapokgadik Kolonel Laut (K) Djoko Kriswanto, S.T., M.Mt. dan para Komandan Kodik dan Puslat dijajaran Kodiklatal.

Mengawali acara penataan Gadik, Dankodiklatal Laksda TNI Nurhidayat menyampaikan seiring dengan perkembangan teknologi dan kemajuan di bidang pendidikan, Kodiklatal sebagai lembaga pendidikan terbesar TNI AL juga terus berbenah dibidang penataan tenaga pendidik sebagai pengampu Bidang Studi dan Sub Bidang Studi. Dalam penataan ini juga dibahas mengenai penyempurnaan pengisian personil Koordinator Gadik Bidang Studi dan Sub Bidang Studi, sosialisasi tugas Pokok Koorgadik Bidang Studi dan Sub Bidang Studi dan sosialisasi penerapan angka kredit dalam jabatan fungsional gadik pengampu.

Lebih lanjut disampaikan bahwa saat ini di Kodiklatal ada tujuh Kelompok Mimbar Ajaran (Pokma) terdiri Operasi laut (opsla), marinir, dukungan umum, dasar militer, profesi, pengetahuan dasar umum dan Jasmani musik. Ketujuh Pokma ini membawahi 58 Bidang Studi dan 81 Sub Bidang Studi. Dengan adanya penataan ini maka ada penambahan Koorgadik Bidang Studi dan Sub Bidang Studi .

Menurutnya dalam penaatan Gadik ini masih ada beberapa kendala antara lain data tentang nama dan kompetensi keilmuamuan para Gadik yang akan mengisi, terbatasnya jumlah Pamen yang memiliki kompetenmsi dan kualifikasi Khusus miliputi Pasukan Katak, Kapal Selam, penyelam, penerbang, Intai Amfibi, hidros dan survey serta masih adanya beberapa personil yang menempati jabatan sturktural. Dankodiklatal berharap dari pertemuan penataan Koorgadik ini ada diskusi sebagai masukan dalam mengatasi beberapa kenadala yang dihadapi.

Adapun penataan Tenaga Pendidik pengampu Bidang Studi dan Sub Bidang Studi ini merupakan pelaksanaan dari perintah harian Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M dalam upaya membangun Sumber Daya Manusia TNI Angkatan laut yang unggul dan profesional serta tangguh mengadapi segala ancaman.(Syt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *