Tingkatkan Semangat Bela Negara, Koarmada III Gelar Apel Pengukuhan Saka Bahari

  • Whatsapp

Tingkatkan Semangat Bela Negara,
Koarmada III Gelar Apel Pengukuhan Saka Bahari

Dalam rangka meningkatkan semangat bela negara, Komando Armada III menyelenggarakan Apel Pengukuhan Pramuka Saka Bahari yang dipimpin Pangkoarmada III, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han) selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari wilayah Koarmada III di dermaga Koarmada III Katapop, Distrik Salawati, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Senin (7/6/2021).

Menurut Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto, M.Tr.(Han), tujuan Apel Saka Bahari wilayah Koarmada III adalah untuk meningkatkan semangat bela negara dan cinta tanah air, berlandaskan wawasan kebangsaan guna membangun sinergitas serta mampu memobilisasi Pramuka Saka Bahari, ikut menjaga dan mempertahankan NKRI, tidak mudah terpancing isu-isu negatif yang berkembang serta selaras dengan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan laut.

Kegiatan ini merupakan media konsolidasi kegiatan Saka Bahari yang sempat vakum karena pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih melanda dunia, dan juga bangsa Indonesia. “Apel pengukuhan Saka Bahari ini merupakan bagian dari tugas TNI Angkatan Laut dalam pemberdayaan wilayah pertahanan laut. TNI Angkatan Laut melakukan pembinaan dan pengembangan Saka Bahari dan generasi muda yang bervisi maritim,” ujarnya.

Menurut Pangkoarmada III bahwa Saka Bahari saat ini menghadapi tantangan yang besar sebagai “Generasi Z atau Gen-Z”. Dengan demikian, kita perlu melakukan revitalitasi agar gerakan Saka Bahari mampu membangun generasi muda yang berkarakter kuat, berwawasan kebangsaan dan siap menghadapi perubahan di era industry 4.0.

Sebelum apel digelar, para peserta antara lain dari SMA Neg. 1 dan SMK Neg. 3 Kota Sorong, SMK Neg. 1 dan SMA Neg. 2 Kab. Sorong mendapatkan pembekalan dari Perwira Koarmada III tentang pentingnya menerapkan protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, selalu memakai masker, menghindari kerumunan dan tidak berkerumun.

Acara ini juga dihadiri Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Maman Firmansyah, Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya S, Komandan Lantamal XIV Sorong Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., dan Komandan Pasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi.

Setelah apel digelar, para peserta mendapatkan kesempatan berkunjung ke kapal perang KRI Tatihu-853 dan KRI Layaran-854 serta melihat langsung Roket Multilaras atau RM 70 Grad Pasmar-3 yang digelar di dermaga Koarmada III dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Pada kesehatan ini juga diselenggarakan sosialisasi TNI Angkatan Laut melalui fashion show(red).

Sumber : Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *