oleh

TNI AD Buka Hutan Belantara Sepanjang 1.068 Kilometer, Bangun Jalan Paralel Perbatasan Kalimantan

Berita Militer Indonesia | BALIKPAPAN –  TNI AD Buka Hutan Belantara Sepanjang 1.068 Kilometer, Bangun Jalan Paralel Perbatasan Kalimantan TNI Angkatan Darat telah menerjunkan Batalyon Zeni Kontruksi (Yonzikon) dari Jakarta, Batalyon Zeni Tempur (Yonzipur) 17/AD Balikpapan serta Denzipur 8/Mtg Banjarbaru Kalsel untuk membuka hutan belantara di perbatasan RI-Malaysia Provinsi Kaltim dan Kaltara sepanjang kurang lebih 1.068 Kilometer. Namun tidak semua jalan tersebut di kerjakan oleh TNI hanya terdapat enam ruas yang dikerjakan TNI AD, di provinsi Kaltim terdapat dua ruas jalan dan di Kaltara 4 ruas jalan.
TNI AD Buka Hutan Belantara Sepanjang 1.068 Kilometer, Bangun Jalan Paralel Perbatasan Kalimantan
Berbagai jenis alat berat di turunkan TNI AD dalam pembangunan jalan pararel perbatasan wilayah Kaltara diantaranya Bulldozer 18 unit, excapator 16 unit, vibro 4 unit, grader 4 unit dan Dump Truk 4 unit. Sedangkan untuk wilayah Kaltim Bulldozer 8 unit, excavator 8 unit, vibro 2 unit, grader 2 unit dan Dump Truk 2 unit.
Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman meninjau langsung pembangunan jalan pararel perbatasan Kalimantan (PJPPK) 2018 di Kaltara, Jumat (2/11/2018). Pembangunan jalan pararel sepanjang perbatasan Kalimantan itu merupakan kerjasama antara TNI AD dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KPUPR) dalam upaya membuka isolasi di wilayah perbatasan khususnya di Kalimantan.
Dalam kunjungannya tersebut Wakasad didampingi Waasops Kasad Brgjen TNI Untung Budiharto, Dirziad Brigjen TNI Mohammad Munib, Ses Dirziad Kolonel Czi Hastono Djati Sundoro, Waaster Kasad Kolonel Gatot Setyo Utomo, S.IP., dan Sespri Wakasad Letkol Inf Ardriyansyah.
Mereka menggunakan transportasi udara Helly Bell 412 HA-5183 TNI-AD dengan Captain Pilot Letkol Cpn Yoenda Faisal meninjau ruas jalan yang dikerjakan oleh TNI serta meninjau Satgas Pamtas RI-Malaysia. Pekerjaan pembangunan jalan perbatasan di wilayah Kalimantan baik Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara merupakan salah satu prioritas Kementerian PUPR dan TNI AD dalam membangun Indonesia dari pinggiran dalam rangka menjaga NKRI.
Pelaksanaan pekerjaan pengerjaan jalan di perbatasan pada tahun 2018 telah selesai dilaksanakan dan diharapkan dapat membuka akses transportasi masyarakat Indonesia di wilayah perbatasan. Selain itu memberikan kesejahteraan masyarakat karena memudahkan distribusi barang kepada masyarakat terpencil di wilayah perbatasan baik di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara.
Berdasarkan data-data yang dikirimkan oleh Komandan Posko PJPPK wilayah Kaltim Kapten Czi Haris Nurdiyanto, mengatakan jalan pararel yang dikerjakan TNI AD wilayah Kaltim ada dua ruas yakni ruas Kalbar – Tiong Ohang sepanjang 15 Km dan Ruas Long Pahangai – Long boh 20 Km dan pencapaian pekerjaan sudah seratus persen.
Sementara itu Komandan Posko PJPPK wilayah Kaltara Mayor Czi Haris Nurdiyanto menjelaskan untuk wilayah Kaltara terdapat empat ruas jalan yang dikerjakan oleh TNI AD yaitu ruas Long Nawang – Long Pujungan, ruas Long Pujungan – Long Kemuat – Langap. (*)
 
Source : trribunnews

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed