TNI AD Telah Memesan Kapal Cepat Jenis Baru Buatan PT Tesco

Angkatan Darat Indonesia telah memesan jenis baru kapal cepat interdiksi (FIC) water-jet-propelled dengan pembuat kapal swasta PT Tesco Indomaritim (Tesco).

Berbicara kepada Janes di pameran Indo Defence 2022 di Jakarta, Direktur Penjualan Pertahanan dan Pemerintah Tesco Jasni Basuki membenarkan bahwa kontrak untuk kapal tersebut telah ditandatangani dengan pemerintah Indonesia pada tahun 2021.

FIC telah dirancang untuk misi infiltrasi cepat dan akan melengkapi armada kapal serbu cepat KMC Komando Angkatan Darat Indonesia yang ada, yang juga dibangun oleh Tesco dan dikirim ke layanan mulai tahun 2014 dan seterusnya.

Kapal baru memiliki panjang keseluruhan 24 m dan bobot sekitar 55 ton. Mobil ini didukung oleh dua mesin MTU M86 yang menggerakkan dua jet air Hamilton HTX52 dan dapat mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 50 kt dan kecepatan jelajah ekonomis 27 kt.

Kapal tersebut dapat menampung lima awak dan 31 personel bersenjata lengkap. Kapal telah dirancang dengan slipway di buritannya, yang dapat digunakan untuk meluncurkan perahu karet lambung kaku (RHIBS) atau jet ski.

Dalam hal persenjataan, FIC dapat dilengkapi dengan remote control weapon station (RCWS) yang dilengkapi dengan senapan mesin 12,7 atau 7,62 mm. Pertimbangan telah dibuat di dalam kapal untuk stasiun operator senjata.

FIC diluncurkan pada 1 November 2022, dan Tesco mengharapkan untuk mengirimkan kapal ke Angkatan Darat Indonesia sebelum akhir tahun 2022.

Informasi TNI AD Telah Memesan Kapal Cepat Jenis Baru Buatan PT Tesco Sebelumnya sudah tayang di https://militermeter.com/tni-ad-telah-memesan-kapal-cepat-jenis-baru-buatan-pt-tesco/

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul TNI AD Telah Memesan Kapal Cepat Jenis Baru Buatan PT Tesco yang dipublish pada November 4, 2022 di website Portal Berita Militer Indonesia

Artikel Terkait

Leave a Comment