TNI AL Bersama Petani Manfaatkan Lahan Kosong Untuk Tanam Padi, Diapresiasi ole bupati

  • Whatsapp

Sorong, Paradigmaendonesia 14/03/2021, Dr. Johny Kamuru, S.H., M.Si., mengapresiasi program dan kerja keras prajurit TNI Angkatan Laut di wilayah Kabupaten Sorong dalam mendukung ketahanan pangan, diantaranya memanfaatkan lahan kosong bersama petani untuk lahan pertanian tanaman padi, sehingga menjadi produktif.

Bacaan Lainnya

Apresiasi tersebut diungkapkan kepada pers saat menghadiri panen raya padi di lahan ketahanan pangan Lantamal XIV, Kelurahan Malawili, Distrik Aimas, Kab. Sorong, Papua Barat, kemarin. Panen raya padi diawali Pangkoarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han)., bersama Bupati Sorong, Komandan Lantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Markos, S.E., Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, dan Inspektur Koarmada III Laksma TNI Dr. Toto Dwijaya Saputra, S.T., M.Si. (Han)., M.Tr. Opsla.

Dengan keberhasilan program tersebut, Bupati Sorong mengharapkan program ketahanan pangan TNI AL diantaranya menggarap lahan kosong bersama petani untuk sawah tanaman padi, jagung, sayur-sayuran, budidaya ikan dan berbagai tanaman bahan pokok lainnya terus dilakukan bekerja sama Pemerintah Daerah, sehingga ketahanan pangan tetap stabil dimasa pandemi COVID-19.

Sebelumnya, TNI AL, dalam hal ini Lantamal XIV melaksanakan kerjasama dan mengajak masyarakat yang ada di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong untuk mewujudkan program ketahanan pangan pada sektor pertanian. Lahan sektor pertanian yang digunakan menanam padi seluas dua hektar. Lahan tersebut tanah milik warga bernama Sugiono, anggota tani rumpun wargi Kelurahan Malawili, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong. Bibit padi yang ditanam adalah jenis mamberamo dengan jumlah bibit yang dibutuhkan untuk luas lahan dua hektar adalah sebanyak 50 kg.

Sebelumnya merupakan lahan tidur. Selama satu tahun tidak ditanami lagi dan tidak produktif. Dengan demikian pada tanggal 15 November 2020, prajurit Lantamal XIV Sorong bersinergi masyarakat mulai mengolah lahan tidur tersebut, untuk dijadikan lahan yang produktif.Pada tanggal 7 Desember 2020 bibit padi jenis mamberamo mulai ditanam dilahan tersebut. Selanjutnya, lahan ketahanan pangan Lantamal XIV di kelurahan Malawele, Distrik Aimas, Kabupaten Sorong melaksanakan panen raya yang hasilnya mencapai lima ton padi.(Pen/red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *