TNI Koramil Rungkut Bantu Polri Amankan UNRAS Warga Tuntut PT. Smart Rungkut Industri

  • Whatsapp

Surabaya – Warga Rungkut Kidul keluhkan dampak limbah debu yang diduga berasal dari PT Smart tbk yang berlokasi di kawasan Rungkut Industri Surabaya PT SIER. Limbah debu dari pengolaan produksi menggunakan bahan bakar batu bara sangat mengganggu kesehatan. Di dalam mediasi yang dihadiri anggota DPRD Kota Surabaya, DLH Kota Surabaya, Satpol PP Kota Surabaya dan perwakilan waga Rungkut Kidul di PT Smart tbk, Selasa (9/2/2021) pagi belum ada titik temu. Perwakilan PT Smart Sapri membantah atas tuduhan bahwa limbah debu itu bukan berasal dari salah satu perusahaan saja.

Bacaan Lainnya

Sedangkan perwakilan Warga Rungkut Kidul Ali Saifulloh mengatakan, dampak limbah debu yang dirasakan warga Rungkut Kidul ini berasal dari PT Smart tbk. “Terutama limbah debu batu bara ini berdampak di Masjid Al – Mustofa. Selain masjid kotor, jemaah masjid terganggu kesehatannya, otomatis mengganggu kekhusukan para jemaah melakukan aktivitas ibadah di masjid tersebut,” kata Ali yang juga selaku Ketua NU ranting Rungkut Kidul. Lanjutnya, pihaknya meminta kepada perusahan-perusahan yang diduga menghasilkan limbah debu yang berdampak kepada warga Rungkut Kidul harus dipertanggungjawabkan.

Pada hari Selasa 23 Februari 2021 pukul 11.00 wib beberapa anggota TNI dari Koramil 0831/05 Rungkut telah dilaksanakan pemantauan dan pengamanan aksi Unjuk Rasa oleh Warga Kel. Rungkut Kidul Kec. Rungkut yang disebabkan adanya Polusi Udara ( Debu ) tersebut yang di duga berasal dari kawasan SIER tepatnya di PT. SMART TBK ( Sinar Mas) Jl. Rungkut Industri Raya No.19 Kel.Rungkut Kidul Kec.Rungkut Kota Surabaya Prop. Jawa Timur yang berdampak pada gangguan pernafasan dan tempat ibadah serta rumah warga menjadi kotor, Koorlap (Koordinator Lapangan) aksi tersebut, Ahmad Fadil selaku Tokoh Masyarakat Kel. Rungkut Kidul yang di ikuti sekitar 25 orang Warga Kel. Rungkut Kidul, menyampaikan Tuntutan antara lain, Tutup Saluran pembuangan limbah MF yang terindikasi abu limbah menyebabkan gangguan pernafasan.(mm|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *