Tugas Tuntas Dalam 14 Hari, Taruna Satlat-2/Hiu Tinggalkan Kota Binjai dan Langkat

  • Whatsapp

Binjai – Tugas pengabdian kepada masyarakat dalam program Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLI tahun 2021 selama 14 hari telah tuntas, Satuan Latihan (Satlat)-2/Hiu yang merupakan gabungan dari perwakilan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL), Akmil, AAU, Akpol dan mahasiswa ini tinggalkan Kota Binjai dan Kabupaten Langkat, Jumat (23/4).

Sebelum pelaksanaan Apel Pelepasan di Lapangan Merdeka Kota Binjai, Dansatlat-2/Hiu Latsitardanus XLI/2021, Mayor Marinir R. Manurung, M.Tr.Opsla. mengatakan latihan di Binjai dan Langkat sudah selesai, namun ini bukan akhir melainkan awal bagi para Taruna dan mahasiswa dalam menghadapi masa depan nya.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, saat masih para Taruna berada di Lemdik, semua kebutuhan dipenuhi oleh Lembaga, namun setelah dilantik nanti harus bisa memperhitungkan dan mengolah semuanya sendiri. Saat berada di kedinasan sebagai perwira lanjutnya, medan penugasan akan tersebar di seluruh penjuru nusantara, untuk itu harus bisa menjalin kerjasama yang baik antar instansi begitu pula dengan masyarakat sekitar.

“Ini salah satu alasan mengapa Latsitardanus dilaksanakan, agar tercipta integrasi yang baik dan solid antara TNI, Polri dan unsur masyarakat lainnya dalam membangun Indonesia kedepan maju, sejahtera dan berkeadilan,” terangnya .

Sementara itu Apel Pelepasan Satlat-2/Hiu yang digelar di Lapangan Merdeka Kota Binjai, dipimpinan Komandan Kodim 0203/Langkat. Turut hadir dalam acara tersebut pejabat Forkopimda dan perwakilan masyarakat Kota Binjai dan Kabupaten Langkat.

Dandim 0203 dalam amanatnya menyampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada semua peserta Latsitardanus XLI/2021, baik Taruna, mahasiswa, Perwira dan seluruh pendukung yang terlibat di dalamnya.

Rakyat Kota Binjai dan Kabupaten Langkat lanjut Dandim, tentunya akan sangat kehilangan kehadiran para Taruna yang sudah 14 hari bersama, secara intens berinteraksi dengan masyarakat. Ia berharap tali silaturahmi yang sudah terjalin tidak hanya sampai disini, karena kota Binjai akan selalu terbuka untuk para Taruna.

“Atas dedikasi dan kerja keras para Taruna Akademi TNI-Akpol serta Mahasiswa lakukan, Bapak Walikota menyampaikan pesan agar membawa hal-hal baik yang ditemui selama latihan yang ada di Binjai dan Langkat,” terangnya.

Dandim juga menekankan agar para Taruna tetap mempersiapkan mental dan fisik untuk menjalani tahapan akhir pendidikan di masing-masing Akademi dan mendoakan semoga seluruhnya nanti dapat dilantik menjadi perwira Juli mendatang.

Usai pelaksanaan Apel Pelepasan, rombongan Satlat-2/Hiu bergerak untuk melaksanakan persiapan rangkaian Upacara Penutupan Latsitardanus XLI/2021 di Lanud Soewondo yang direncanakan ditutup besok Sabtu tanggal 24 April 2021 oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

(Arif|bagpen AAL)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *