Tutup Tahun 2020 dengan Manis, Taruna AAL Raih Dua Emas Lomba Karya Tulis Ilmiah

  • Whatsapp

Surabaya – Menutup tahun 2020 dengan manis, Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) meraih dua Medali Emas di Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientist Assosiation (IYSA) dalam even National Applied Science Project Olympiad (NASPO) dan Indonesian International Applied Science Project Olympiad (I2ASPO).

Bacaan Lainnya

“Selamat atas prestasi yang sudah diraih, kalian memang luar biasa dan semoga ini menjadi motivasi bagi Taruna, untuk menorehkan prestasi terbaik lainnya dibidang akademik maupun dibidang lainnya,” terang Gubernur AAL Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han) menanggapi hasil positif yang diraih anak asuhnya tersebut, Kamis (24/12).

Pada ajang NASPO yang bersifat nasional ini, diikuti oleh 33 tim dari 17 Universitas dengan 7 kategori lomba.

Tim AAL pada ajang NASPO ini, mengikuti katagori Ketahanan Pangan dengan anggota tim Sertar (P) Alfan Prasurya sebagai Ketua, Sertar (P) Resa Ridhwan dan Sertar (E/W) Indana Zulfa.

Tim AAL meraih Juara 1 (medali emas) dengan judul Moshore APPS Sebagai Penerapan Standarisasi Kompetensi Nelayan Modern Guna Meningkatkan Penerapan Strategi Ketahanan Pangan di Indonesia.

Sedangkan diajang I2ASPO yang bersifat internasional diikuti 64 Tim dari 23 Universitas di Indonesia dan 2 tim dari 2 negara asing dengan 10 kategori lomba. 90 Tim dari 17 negara asing mengikuti lomba tingkat SMA.

Pada I2ASPO ini, AAL mengikuti katagori Innovative Social Science dengan anggota tim Sermadatar (E/W) Fitria Dwi Ratnasari sebagai Ketua, Sertar (P) Alfan Prasurya, Sertar (P) Resa Ridhwan, Sertar (E) Gilang Pratama dan Sertar (T) Afiq Fauzan.

Tim AAL kembali meraih Medali Emas dengan judul Moshor APPS As The Implementation Of Modern Fisherman Competency Standard To Improve Food Security Strategy In Indonesia.

Keikutsertaan Tim Taruna AAL dalam LKTI yang diselenggarakan oleh IYSA ini, pelaksanaannya berlangsung secara online pada bulan November, dan dilanjutkan tahap penjurian tanggal 18-22 Desember 2020, serta Pengumuman pemenang dilakukan 23 Desember 2020.

Selain LKTl yang di gelar lYSA, tim KTI AAL juga mengikuti LKTI dalam rangka Fisika Expo III 2020 yang digelar Himpunan Mahasiswa Fisika Fakultas Teknik Universitas Bangka Belitung pada awal November 2020 lalu.

Pada LKTI ini, AAL menurunkan Tim beranggotakan Sermadatar (E/W) Fitria Dwi Ratnasari sebagai Ketua, Sertar (P) Resa Ridhwan dan Sertar (P) Gallant Prasetya dengan karyanya yang berjudul ”F-Go FFD/M Monitoring Program To Establish Sustainnable Marine Resources In Bangka Belitung” yang dipresentasikan secara online didepan juri.

Pada LKTI ini Tim AAL meraih Juara III sementara Juara I diraih Tim dari Universitas Bangka Belitung dan Juara II diraih tim dari Unversitas Sriwijaya Palembang.

Selama persiapan dan mengikuti LKTl, Tim KTI AAL di bawah bimbingan Kadepiptek AAL dengan dosen pendamping Letkol Laut (KH/W) Mostien Adi Puji P.M, S.P., M.A.P. dan Mayor Laut (KH) Andyseno Indriatmoko, S.IP., M.PSDM. (Arif|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *