Uji Profesionlisme Prajurit Yon Kapa 1 Marinir Simulasi Naik Turunkan Ranpur

  • Whatsapp

ParadigmaIndonesia – Dalam rangka mengasah kemampuan dan profesionalisme prajurit, Batalyon Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri 1 Marinir (Yonkapa 1 Mar) melaksanakan rangkaian Latihan Perorangan Dasar/Latihan Perorangan Kesenjataan (LPD/LPK) Triwulan I Tahun 2021 dengan materi menaik turunkan kendaraan tempur Kapa K-61 dan BTR 4 dari opleger yang digelar di Kesatrian Marinir Hartono Cilandak, Jakarta Selatan, Rabu (24/02/2021).

Bacaan Lainnya

Kegiatan latihan diawali dengan materi pelajaran teori dan pengenalan karakteristik ranpur jenis Kapa K-61 dan BTR 4 oleh Danton Bekhar Yonkapa 1 Mar Letda Marinir Triyanto. Selanjutnya peserta latihan melaksanakan materi praktek naik turun opleger.

 

Latihan ini bertujuan untuk memberikan penilaian bagi prajurit Yonkapa 1 Mar dalam meningkatkan pembinaan satuan pada materi naik turun Ranpur Opleger (truk pengangkut kendaraan berat) agar memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam naik turun ranpur diatas opleger sebagai penunjang mobilitas ranpur pada saat melaksanakan perpindahan tempat sesuai kebutuhan satuan dalam melaksanakan perintah Komando atas.

 

Danyon Kapa 1 Mar Mayor Marinir Nana Widiyanto, M.Tr.Opsla., menyampaikan latihan ini sangat penting, diarapkan dengan diadakanya latihan mengemudi naik turun opleger ini dapat menciptakan pengemudi yang handal dan profesional.

 

“Mengemudi ranpur merupakan salah satu kemampuan teknis yang harus dikuasai oleh setiap prajurit Kavaleri Marinir, kemampuan mobilitas satuan yang tinggi dalam bermanuver di setiap bentuk medan pertempuran akan sangat dipengaruhi oleh keterampilan pengemudi ranpur dalam mengawaki alutsista ranpur yang digunakan. Untuk itu Yonkapa 1 Marinir senantiasa memelihara dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mengemudi bagi prajuritnya,” ungkap Mayir Marinir Nana Widiyanto.

 

Kegiatan tersebut tidak lupa tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melaksanakan menggunakan masker dan mencuci tangan setelah selesai kegiatan.(penpasmar1/Nia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *