Vaksinasi Covid-19 Bangkitkan Kepercayaan Diri Prajurit TNI AL Berdinas di Mabesal

  • Whatsapp

Jakarta – Dengan terlaksananya vaksinasi Sinovac Covid-19 tentunya akan membangkitkan kepercayaan diri dan semangat perjuangan prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL) dalam penugasan yang berhubungan langsung dengan masyarakat, baik di dalam menjalankan tugas membantu pemerintah dalam rangka mengampanyekan penanggulangan Covid-19 maupun kegiatan sinergitas lainya, demikian disampaikan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., mewakili Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dihadapan awak media saat meninjau pelaksanaan kegiatan Vaksinasi Prajurit TNI AL di GOR Denma Mabesal Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa, (9/3).

Bacaan Lainnya

Kegiatan vaksinasi dilaksanakan selama dua hari, diberikan kepada 3.500 Prajurit TNI AL yang berdinas di Mabesal melibatkan vaksinator Tim Gabungan yakni dari TNI Angkatan Darat (TNI AD), TNI Angkatan Laut (TNI AL) dan TNI Angkatan Udara (TNI AU) serta Pusat Kesehatan (Puskes) TNI. Dosis pertama diberikan pada 9 dan 10 Maret 2021 sedangkan dosis kedua akan dilaksanakan pada 23 dan 24 Maret 2021 mendatang.

Dalam wawancara di depan awak media Wakasal menjelaskan bahwa jumlah personel Prajurit Angkatan Laut sebanyak 70.000 orang, dimana sampai dengan saat ini sudah tervaksin sekitar 4.000 orang atau sudah mencapai 5%, hal tersebut di sesuaikan dengan jadwal masing-masing daerah.

Menurut Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, untuk tenaga kesehatan (Nakes) Angkatan Laut yang berjumlah 7.000 personel saat ini sudah tervaksin sebanyak 5.900 orang atau sudah mencapai 79%. “Mereka ini yang nantinya akan membantu bersinergi dengan para vaksinator dari TNI AD, TNI AU untuk membantu selain memvaksin anggota TNI juga akan membantu memvaksin masyarakat. Tentunya dikoordinir oleh dinas kesehatan masing-masing,” terang Wakasal.

Sementara itu, untuk unsur-unsur prajurit yang berdinas di luar atau sedang melaksanakan tugas operasi di luar yang berangkat sebelum adanya program vaksinasi akan diberitahukan ke tempatnya bertugas. Sedangkan prajurit yang berangkat setelah ada program vaksin, maka sebelum berangkat akan di beri vaksin terlebih dahulu.

“Target kita di medio April mudah-mudahan seluruh anggota TNI AL sudah semuanya di vaksin. Sampai saat ini dalam pemberian vaksin tidak ada kendala hanya faktor pembagian waktu dan distribusi terutama yang bertugas di daerah-daerah terpencil. Dalam hal ini juga kita siap mendukung distribusi vaksin tersebut dengan menggunakan alutsista yang kita miliki,” pungkasnya.

Sebelumnya, pada tanggal 1 dan 2 Maret 2021 lalu, para Perwira Tinggi (Pati) TNI AL wilayah Jakarta beserta istrinya juga telah menerima Vaksin Covid 19 untuk dosis pertama, bertempat di GOR Ahmad Yani Mabes TNI. Sementara dosis kedua akan dilaksanakan pada 15 dan 16 Maret 2021 mendatang.

Selain prajurit aktif, TNI AL juga akan memberikan vaksin kepada para Purnawirawan TNI AL melalui Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Laut (PPAL) dengan ketua Laksamana TNI (Purn) Ade Supandi, S.E., M.A.P., dengan sasaran 1.000 purnawirawan yang dikoordinir oleh Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) III Jakarta.

Turut mendampingi Wakasal, Asisten Personel (Aspers) Kasal Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han), Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasal Laksma TNI Agus Hariadi, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Julius Widjojono dan Kepala Dinas Kesehatan Angkatan Laut (Kadiskesal) Kolonel Laut (K) dr. Agus Guntoro

(Niken|red)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar