WAKASAL HADIRI APEL BERSAMA WANITA TNI

  • Whatsapp

Jakarta – Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E.,M.M., menghadiri Apel Bersama Wanita TNI yang terdiri dari Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal), Wanita Angktan Udara (Wara) dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Wanita TNI dipimpin Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Ganip Warsito, S.E., M.M bertempat di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (21/4).

Bacaan Lainnya

Apel Bersama Wanita TNI yang mengusung tema “Dilandasi Semangat Kesatria dan Profesionalisme Prajurit Wanita TNI Tetap Produktif Ditengah Pandemi Covid-19″ ini juga dihadiri Irjen TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.I.P.,M.M, M.Tr.Han., para Pejabat Tinggi Mabes TNI, para Wakil Kepala Staf Angkatan, serta pejabat terkait lainnya dan disaksikan secara virtual oleh prajurit Wanita TNI se-Indonesia

Kegiatan Apel Bersama Wanita TNI yang dikomandani Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, S.H., M.M., dimana sehari-hari menjabat sebagai Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Jogjakarta ini diselenggarakan bertepatan dengan hari lahir pejuang emansipasi dan pahlawan nasional Republik Indonesia, Raden Ajeng Kartini pada tanggal 21 April yang menjadi simbol perjuangan emansipasi wanita Indonesia. Saat ini TNI telah membuka peluang seluas-luasnya bagi para prajurit Wanita TNI untuk mengembangkan karier kemiliteran.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP dalam amanat tertulis yang dibacakan Kasum TNI mengatakan bahwa, para Kartini-kartini modern memiliki peluang yang sama dengan counterpart pria di berbagai medan pengabdian dan penugasan. Akademi TNI telah menjadi almamater tidak hanya bagi para Taruna tetapi juga Taruni. Wanita TNI telah ikut berpartisipasi dalam berbagai misi pemeliharaan perdamaian dunia di berbagai negara. Bahkan TNI telah memiliki Perwira Tinggi Wanita yang menjadi bukti kemampuan para Wanita TNI untuk meniti jenjang karier hingga ke jenjang tertinggi.

“Wanita TNI dituntut untuk mampu beradaptasi dengan berbagai perubahan yang sedang dan akan terus terjadi. Sebagai prajurit, Wanita TNI harus terus membina diri dan meningkatkan kemampuan. Disamping peran sebagai prajurit profesional, para Wanita TNI juga memiliki peran ganda sebagai ibu rumah tangga. Sebuah peran yang tidak kalah penting, karena merupakan peran untuk menyiapkan generasi masa depan penerus bangsa,” terangnya.

Pada pelaksanaan apel bersama ini melibatkan 265 peserta apel yang terdiri dari 25 personel 1 Ton Pamen/Pama Wanita TNI, 48 personel 2 Ton Bintara Kowad, 48 Personel 2 Ton Bintara Kowal, 48 personel 2 Ton Bintara Wara, 25 personel 1 Ton PNS Wanita, 21 personel Korsik dan 25 personel perangkat apel serta 25 orang udangan lainnya.

Sebelum pelaksanaan Apel Bersama Wanita TNI tahun 2021 telah dilaksanakan berbagai kegiatan yakni Diskusi Panel (tatap muka dan Virtual) dan Ziarah ke beberapa makam tokoh Perempuan Pejuang Nasional yaitu R.A. Kartini di Rembang, Dewi Sartika di Bandung dan Tjut Nyak Dien di Sumedang.

(Niken|dispenal)

Bagikan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *