Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy akhirnya memecat Menteri Pertahanan Oleksii Reznikov dan mengajukan nama Rustam Umerov untuk mengganti posisinya.

Pengumuman dikeluarkan Zelenzkyy melalui video pidato  malam Minggu 3 September 2023. Keputusan ini akan perombakan terbesar dalam sistem pertahanan Ukraina selama perang.

Reznikov diangkat menjadi menteri pertahanan pada November 2021. Dia  telah membantu mengamankan miliaran dolar bantuan militer Barat untuk membantu upaya perang. Namun dia juga  dirundung tuduhan korupsi seputar kementeriannya yang ia gambarkan sebagai fitnah.

Zelensky tidak menyebutkan secara rinci alasan penggantian posisi penting tersebut. Dia hanya mengatakan  Reznikov telah melalui perang skala penuh selama lebih dari 550 hari.

‘);

Pergantian menteri pertahanan harus disetujui oleh parlemen. Namun  kemungkinan besar akan didukung oleh mayoritas anggota parlemen. Zelensky mengatakan dia mengharapkan parlemen menyetujui penunjukan Umerov.

Umerov adalah  seorang mantan anggota parlemen berusia 41 tahun yang merupakan seorang Tatar Krimea. dan pendukung muslim Ukraina. Dia saat ini mengepalai Badan Investasi Milik Negara Ukraina sejak September 2022.

Dia juga  telah memainkan peran dalam negosiasi sensitif pada masa perang. Salah satunya  kesepakatan gandum di Laut Hitam.

Informasi selengkapnya simak dalam tayangan berikut:

Bagikan:

Ahmad Darowi

militer.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *